Kamis, 09 Mei 2019

Manfaat Bayam Bagi Kesehatan

0 komentar
Manfaat Bayam Bagi Kesehatan

Sayuran memang wajib dikonsumsi oleh setiap orang untuk mencukupi kebutuhan gizi yang 4 sehat 5 sempurna. Sayuran seperti jenis sayuran hijau dan dedaunan juga sangat baik untuk menjaga nutrisi untuk tubuh. Salah satu jenis sayuran hijau yang banyak diolah dan dijadikan sayuran ialah bayam. Bayam sendiri berasal dari negara Amerika tropik, namun juga sangat mudah hidup dan di tanam di Indonesia. sayuran dengan nama latin Amaranthus l. ini dangat dikenal dengan kandungan zat besi di dalamnya, yang sangat penting untuk tubuh. Meskipun terkenal dengan zat besinya, akan tetapi bayam juga memiliki kandungan dan zat gizi lain yang tidak kalah pentingnya untuk tubuh.

Beragam Manfaat Bayam
Mengonsumsi bayam dapat membantu hal-hal berikut ini:
  • Mengurangi radang
    Kandungan antioksidan yang tinggi pada bayam membantu melawan radikal bebas yang  bisa menyebabkan peradangan. Pada penyakit seperti rheumatoid arthritis atau rematik, peradangan merupakan penyebab munculnya nyeri pada sendi.
  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
    Bayam tinggi akan kandungan vitamin A, C, dan folat, serta magnesium. Yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda.
  • Mencegah anemia
    Bayam merupakan salah satu sumber asupan zat besi yang baik. Namun, bayam juga mengandung oksalat yang dapat menghambat penyerapan zat besi ketika dikonsumsi. Untuk menyiasatinya, Anda dapat mengonsumsi vitamin C yang dapat membantu penyerapan zat besi.
  • Menjaga agar mata tetap sehat.
    Kandungan karotenoid yang ditemukan pada bayam, seperti beta karoten, lutein, dan zeaxanthin, mampu melindungi Anda terhadap penyakit penglihatan terkait usia, misalnya rabun senja dan degenerasi makula.
  • Menurunkan risiko penyakit kardiovaskular
    Salah satu manfaat bayam adalah menurunkan risiko menderita penyakit kardiovaskular. Hal ini karena bayam kaya akan serat dan mineral yang dapat menurunkan tekanan darah dan mencegah pembentukan plak di pembuluh darah.
  • Mengurangi risiko terkena kanker
    Kandungan lutein, karotenoid, dan zeaxanthin yang tinggi pada bayam, mampu menghilangkan radikal bebas dari tubuh Anda. Sering mengonsumsi bayam, juga meminimalkan risiko munculya berbagai jenis kanker.
  • Menjaga kesehatan kulit
    Bayam kaya akan kandungan antioksidan, sehingga sangat baik untuk perlindungan kulit.
Namun perlu diingat, bahwa mengonsumsi bayam saja tidak dapat menangkal semua penyakit di atas. Menjaga kesehatan tubuh tidak hanya dengan memerhatikan pola makan atau mengonsumsi satu jenis makanan saja, akan tetapi juga dengan rutin berolahraga, cukup tidur, serta mengurangi stres.

0 komentar:

Posting Komentar

 
© 2019